rss

Alat Kesehatan Dasar Keperawatan

Ditulis pada Senin, 09 Januari 2017 | Kategori: Artikel | Dilihat 302 kali

AlatKesehatan dasar untuk keperawatan

Alat Kesehatan Untuk Perawat Perawat merupakan salah satu tenaga medis yang ada di klinik atau rumah sakit. Sebagaiseorang tenaga medis, perawat tentu dibekali dengan kemampuan penggunaan alatkesehatan karena perawat bertugas untuk merawat orang sakit. Apa saja alatkesehatan yang biasanya digunakan oleh perawat ? Artikel ini selengkapnya akanmembahas topic tentang alat kesehatan untuk perawat.

Demikian tadi definisi alat kesehatan lengkapyang dirujuk dari undang undang republic Indonesia no. 23 tahun 1992. Dandari definisi tersebut kita juga mengetahui beberapa fungsi alat kesehatandiantaranya untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, untuk menyembuhkan danmeringankan penyakit. Membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh sertauntuk memulihkan kesehatan.

Ada banyak sekali alat kesehatan di dunia ini.Namun kita dapat mengelompokanya menjadi beberapa jenis. Biasanya alatkesehatan dikelompokan menjadi 3 jenis. Alat kesehatan elektromedik,  nonelektromedik dan diagnostic in vitro. Semua jenis alat kesehatan tersebutmempunyai fungsi masing masing.

Kemudian untuk petugas medis tidak semua bisamenggunakan alat kesehatan yang sama, antara perawat dan dokter serta bidanpasti berbeda walaupun pada dasarnya sama. Nah sekarang kita fokuskan saja padapokok pembahasan kita yaitu alat kesehatan untuk perawat.

Namun sebelumnya sedikit kita perlu tahu apasaja tugas dari perawat di rumah sakit. Tugas seorang perawat ada banyaksekali, namun dapat kita rincikan sebagai berikut :

Memberikan pelayanan keperawatan padaindifidu, keluarga, kelompok atau masyarakat sesuai dengan permasalahan mereka

Membantu pasien untuk peningkatan kesehatandan upaya menghilangkan penyakit yang diderita

Memberikan pelayanan berupa tindakan yangbersifat spontan untuk membantu kesembuhan pasien

Dan masih banyak lagi yang lainya sobat dapatmencarinya sendiri. Pada intinya tugas perawat ya seperti yang kita lihat dansaksikan langsung di lapangan. Mereka ada yang bertugas melakukan pengecekankondisi fisik dan memberikan obat atau suntikan dan sebagainya.

Begitulah tugas yang dilakukan oleh perawat disebuah pusat layanan kesehatan. Nah kita sering melihat seorang perawat membawastetoskop, alat suntik, tensimeter dan alat infus untuk melakukan tindakanmedis terhadap pasien. Kita akan membahas alat alat kesehatan yang biasanyadigunakan oleh perawat untuk melakukan tindakan medis terhadap pasien.

Alat Kesehatan Untuk Perawat

Tensimeter

Kalo anda pernah melakukan pemeriksaan keklinik atau rumah sakit, pertama sekali anda akan menjalani pemeriksaan tekanandarah yang dilakukan oleh salah satu perawat.  Perawat memeriksa tekanandarah pasien dengan menggunakan tensimeter.

Alat kesehatan pertama yang biasa dipakai olehperawat adalah tensimeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan darahpasien. Tensimeter yang biasanya dipakai di rumah sakit adalah tensimeter airraksa. Hal ini karena akurasi yang dimiliki cukup tinggi.

Terkadang pengecekan tekanan darah dengantensimeter langsung dilakukan oleh dokter pemeriksa seperti dilakukan di tempatdokter praktek. Untuk saat ini di puskesmas atau di klinik dan rumah sakitpemeriksaan tekanan darah dilakukan oleh perawat.

Alat Infus

Ketika anda datang ke rumah sakit dalamkondisi kritis dan membutuhkan pertolongan segera, biasanya suster akanmemasang perangkat infus. Alat infus ini digunakan untuk memberikan suplaycairan ke dalam tubuh pasien.

Alat infus ini dipasng dan dilakukanpenggantian oleh suster atau perawat yang bertugas. Perawat juga yang nantinyabertugas melepas alat infus ketika pasien diperbolehkan meninggalkan rumahsakit.

Alat Suntik

Ketika pasien dirawat di rumah sakit, obatyang diberikan tidak hanya berupa tablet atau yang sifatnya oral. Namun adajuga yang diberikan dengan dosis suntik. Nah biasanya tugas ini juga dilakukanoleh perawat.

Alat suntik ini merupakan alat kesehatan yangdigunakan hanya sekali saja. Atau dalam istilah medis disebut dengan alatdisposable. Prosedur penggunaan alat suntik pun telah diatur dan tidak bisasembarangan orang menggunakanya.

Suster atau perawat juga telah berkonsultasiatau direkomendasikan oleh dokter untuk melakukan tindakan tersebut.

Termometer

Pengukuran suhu sama dengan pengukuran tekanandarah. Ini juga dilakukan oleh perawat. Biasanya perawat melakukan pengukuransuhu bersamaan dengan pengukuran tekanan.

Jadwal untuk pengecekan dilakukan pagi dansore. Bersama dengan dokter melakukan pemeriksaan kondisi pasien dan bagaimanaprogresnya. Apakah membaik atau sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa yang telah penulissebutkan diatas adalah tugas atau alat alat kesehatan yang digunakan secaraumum. Artinya semua perawat memiliki kemampuan untuk itu. Namun ada beberapaperawat yang bertugas di ruangan tertentu, maka selain alat tersebut perawatini mempunyai kemampuan untuk menggunakan alat kesehatan tertentu sepertipasien monitor dan sejenisnya.

Begitu juga perawat yang bertugas di ruanganlainya. Mereka juga memiliki tugas yang berbeda dan menggunakan alat kesehatanyang berbeda juga dengan lainya.

https://www.youtube.com/watch?v=yTInQ1PdUoY


 

Info Pembayaran

BANK MANDIRI
No. Rek. 1390017565064
A.n. PT. Aimed Indonesia